Sabtu, 28 Januari 2012

Gempa Dewita, Jum'at 27 Januari 2012


Jogja, 28 Januari 2012

Kemarin, hari Jum’at tanggal 27 Januari 2012 berjalan seperti biasa pada awalnya. Sejak pagi saya santai-santai saja nonton tv karena memang tidak ada rencana pergi kemanapun pagi itu. Walaupun siangnya ada janji dengan 2 teman saya, este dan yumi. Semua pekerjaan rumah belum saya selesaikan karena saat itu masih jam setengah 10. Sekitar jam 10.26 pagi ada sms masuk, dari Adityo.
“Gempa kecelakaan parah” DEG !! Tapi masih nggak percaya. Dasarnya aku bukan orang yang langsung ‘ngeh’ denger berita kayak gitu. Aku bales
Aku bales “Sumpah ditt? Dimana?”
“Neng jalan Wonosari, motore helme gempa. Sumpah. Aku neng lokasi.” Tambah deg-deg’an.. Tapi masih belum percaya. Siapa tau cuma mirip doang.. Sebenernya aku punya nomer HP bapaknya Gempa, tapi masih belum berani ngehubungin, takut kalo bikin panik doang.
Adit sms lagi “Cobo kowe hubungi keluargane.. Sik jelas ki helm’e karo motore Gempa. Aku yakin. Helm’e digambari nganggo pensil to?” Nahh ini sudah  mulai panik banget. Sambil gemeteran aku telfon Adit.
Dia nyebutin nomor polisi motor yang kecelakaan itu, AB 2507 YK. Aku nggak hafal nomor motor gempa. Adit nyuruh aku dateng ke TKP. Di jalan Wonosari daerah depan pasar Wage, karena dia belum tau Gempa dibawa ke rumah sakit mana. Cepet-cepet aku cuci muka trus ganti baju. Semua kerjaan aku tinggalin, rumah juga nggak dikunci. Waktu mau otw, adit sms aku lagi kalau Gempa dibawa ke RS Bethesda. Udah kepikiran macem-macem sihh, soalnya kalo kecelakaan nggak parah kan pasti  pertolongan pertama dilakuin di RS Hardjolukito, bukan Bethesda yang jaraknya jauh dari TKP.
Sebelumnya aku sms Vira. Dia ternyata belum dapet kabar dari Adit. BBMnya pending. Vira yang lagi di kampus langsung sms Endrix disuruh ke Bethesda. Aku juga batalin janji ketemuan sama Este Yumi, aku bilang kalo temenku ada yg kecelakaan. Aku belom bilang kalo Gempa yang kecelakaan.
 Waktu aku sampai di Bethesda, otomatis langsung jalan ke IGD sambil telfon Endrix. Ternyata Endrix sama Imam udah nyampe di IGD. Endrix ngajak aku masuk ke dalem, udah ada bapaknya Gempa juga disana. Aku masih nggak tau apa-apa, aku kira Gempa cuma kecelakaan biasa. Endrix ngegandeng aku ke depan sebuah ruang, “Gempa dimana ndrix? Kenapaaa?”
Diem bentar, Endrix bilang “Sabar Nin, Gempa disini, tapi di udah nggak ada. Gempa meninggal” DEG !! Yaaaa Allah hampir pingsan aku disitu.. MENINGGAL !! Ya Allah, naaaangis sesegukan di depan bilik tempat Gempa tertidur. Sumpah nggak pernah aku ngerasa sesedih itu. Setelah agak tenang, aku mulai ngehubungin temen-temen deket. Lala nggak bisa dihubungin. Aku telfon Idul yang waktu itu masih di rumah, aku belum bilang kalau Gempa meninggal. Setelah beberapa lama, temen-temen mulai dateng. Awalnya aku nggak berani ngliat Gempa, tapi aku beraniin ketemu. Yaa Allah dia kayaknya tenang banget tidurnya, wajahnya pucat, ada beberapa luka dan darah di wajah dan kepalanya.
Waktu Lala Idul dateng, mereka ngiranya Gempa cuma kecelakaan biasa. Tapi setelah tahu kalau Gempa udah nggak ada, semuanya lemes, nangis. Beberapa saat kemudian, keluarganya Gempa dateng. Kasihan banget denger ibunya nangis :’) Nggak tau beritanya nyebar darimana, banyak banget temen2 yang sms dan telfon aku. Mulai dari temen2 seangkatan sampe kakak kelas adek kelas nanyain kamu, Gem.. Mereka semua peduli sama kamu, semuanya sayang sama kamu :’) Semuanya bersedia nganter kamu, mereka maen ke rumah kamu, Gem..
Aku denger kronologisnya, awalnya Gempa naik motor (Revo hitam, garis merah) di jalan Wonosari ke arah barat. Dia udah di pinggir jalan. Trus ada motor yang mau nyebrang, mungkin mau masuk pasar. Waktu setengah menyebrang, ada mobil APV (lawan arah Gempa) dari arah barat dengan kecepatan yang cukup tinggi. Karena menghindari penyeberang tersebut, pengendara APV banting stir ke kanan trus ngenain Gempa :’( motor gempa remuk, mobilnya juga penyok parah bangian depannya.

AB 2507 YK

Baru 13 hari kamu berumur 19 tahun, sekarang kamu udah nggak ada. Maaf yaa, sampai tadi pagi pun waktu aku bangun tidur, ngaca, dan aku masih nangis. Nangisin kamu Gem :’)

1 komentar:

  1. sumpah q sedih bgt baca tulisanmu, mpe air mata ni jatuh dengan sendirinya...punya foro gempa pas udah g ada g??aq kakak kelasnya di kampus."http://blog.umy.ac.id/cahminang"

    BalasHapus